Selasa, 01 Oktober 2013

LAPORAN TUTORIAL ANAK



SKENARIO 1
Ns. X hari ini tugas di ruang Y perawatan anak, berencana  melaksanakan pemasangan infus pada An.N usia  20 bulan. Ibu An.N adalah bekerja sebagai pembantu rumah tangga dengan tingkat pendidikan tidak tamat SD, bapak An.N bekerja sebagai tukang becak  dengan tingkat pendidikan tamat SD. Jumlah pasien yang akan dilayani Ns.X pada hari ini sebanyak 10 orang. Beberapa keponakan dan seorang ipar  tinggal bersama An.N.
Step I
Kata-kata sulit
           
Step II
Kalimat kunci
·         Ns. X berencana  melaksanakan pemasangan infus pada An.N usia  20 bulan.
·         Ibu An.N bekerja sebagai pembantu rumah tangga dengan tingkat pendidikan tidak tamat SD
·         Bapak An.N bekerja sebagai tukang becak  dengan tingkat pendidikan tamat SD.
·         Jumlah pasien yang akan dilayani Ns.X pada hari ini sebanyak 10 orang.
·         Beberapa keponakan dan seorang ipar  tinggal bersama An.N.
Problem
      “ Paradigma Keperawatan Anak”

Step  III
Pertanyaan
1.    Bagaimana cara perawat dalam  menghadapi maslalah seperti pada scenario?
2.    Jelaskan tentang komponen paradigma keperawatan anak?
3.    Jelaskan hubungan keempat komponen dalam keperawatan anak?
4.    Bagaimana  cara perawat dalam memberikan infuse kepada seorang anak yang sedang menangis?
5.    Jelaskan tentang filosofi keperawatan anak yang terdiri dari:
a.    Family centred care
b.    Atraumatic care
c.    Primary nursing
d.    Case management

STEP IV
Menjawab Pertanyaan
1.    Sebagai perawat, yang harus dilakukan  apabila suatu waktu mendapat kasus sperti pada skenario adalah pertama-tama memenuhi kebutuhan utama anak baik bio,psiko,sosial maupun spiritual, dengan melibatkan  keluarga didalamnya serta  berkolaborasi  dengan tenaga kesehatan lainnya.

2.    Dalam paradigma keperawatan anak, terdapat 4 komponen dasar yaitu:
1)    Anak
Dalam keperawatan anak yang menjadi individu/klien adalah anak. Anak diartikan sebagai seseorang yang berusia kurang dari 18 tahun dalam massa tumbuh kembang dengan kebutuhan  khusus baik kebutuhan fisik, psikologis, sosial dan spiritual. Masa anak merupakan massa pertumbuhan dan perkembangan  yang dimulai dari bayi (0-1 tahun), usia bermain/todler (1-2,5 tahun), usia  sekolah (2,5-5 tahun), usia sekolah (5-11 tahun), remaja (11-18 tahun).
2)    Sehat dan sakit
Rentang sehat sakit adalah suatu kondisi anak berada dalam status kesehatan yang meliputi sejahtra, sehat optimal, sehat, sakit, sakit kronis, dan meninggal. Rentang ini merupakan suatu alat ukur dalam menilai status kesehatan yang bersifat  dinamis dalam setiap waktu, selama dalam batas rentang tersebut anak membutuhkan bantuan perawat baik secara langsung maupun tidak langsung, sepeti apabila anak  berada pada rentang maka upaya perawat untuk meningkatkan derajat kesehatan sampai mencapai taraf sejahtera baik fisik, sosial maupun spiritual.
3)    Lingkungan
Lingkungan dalam keperawatan anak yang dimaksud adalah lingkungan eksternal maupun internal yang berperan dalam status kesehatan anak, seperti keturunan, jenis kelamin, emosi dan lain-lain.
4)    Keperawatan
Komponen ini merupakan bentuk pelayanan keperawatan yang diberikan kepada anak dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan secara optimal dengan melibatkan keluarga seperti  seoerti adanya dukungan, pendidikan, kesehatan, dan upaya dalam rujukan  ke tenaga kesehatan dalam program perawatan anak.

3.    Adapun hubungan dari keempat komponen paradigma keperawatan anak yang mana didalamnya terdiri dari anak, lingkungan, sehat-sakit dan keperawatan adalah seperti yang kita ketahui bahwa anak adalah seorang individu yang sedang dalam proses tumbuh kembang, yang masih bergantung pada lingkungan tempatnya berada. Lingkungan disini dapat mempengaruhi proses tumbuh kembang anak mulai dari rentang sehat-sakit. Sepanjang rentang tersebut, anak memerlukan bantuan perawat baik secara langsung anak sakit, maupun tidak langsung seperti missalnya melakukan  bimbingan antisipasi pada orang tuannya.

4.    Cara perawat dalam memberikan infus kepada klien/pasien yang sedang menangis, apalagi dalam hal ini adalah seorang anak kecil, maka salah cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan sesuatu yang anak sukai (mainan) atau bertanya kepada anak tentang hal-hal yang anak inginkan. Apabila cara tersebut kurang efektif, kita bisa meminta bantuan keluarga missalnya kepada orangtua/ibu atau siapa saja yang anak merasa nyaman ketika berada disampingnya.

5.    Berikut adalah tentang filosofi keperawatan anak:
a.    Family centred care
Keluarga merupakan unsur penting dalam perawatan anak, mengingat anak adalah bagian dari keluarga. Family centred care (kesehatan berpusat pada keluarga) adalah keluarga sebagai suatu kehidupan yang konstan dan individu mendukung, menghargai dan meningkatkan kekuatan dan kompetensi dalam memberikan asuhan terhadap anak.
b.    Atraumatic car
Atraumatic care (asuhan yang tidak menimbulkan trauma) adalah bentuk perawatan terapeutik yang diberikan oleh tenaga kesehatan dalam tatanan pelayanan kesehatan anak, melalui penggunaan  tindakan yang dapat mengurangi disstres fisik maupun disstres psikologis yang dialami anak maupun orangtuanya.
c.    Primary nursing
Primary nursing adalah tindakan yang dilakukan untuk mendukung pelaksanaan askep anak dengan memberikan asuhan yang konsisten dan berfokus pada keluarga sebagai komponen integral pada perencanaan dan pelaksanaannya serta berada 24 jam disamping anak.
d.    Case management
Case management yaitu sistem pemberian asuhan yang seimbang antara niaya dan kualitas.

STEP V
Mapping


STEP VI
LO  (pertanyaan yang tidak terjawab)

STEP VII
Informasi tambahan
·         Paradigma keperawatan anak merupakan suatu landasan berfikir dalam penerapan ilmu keperawatan anak. Tanpa batasan dan lingkup, keperawatan tidak  mudah dipahami secara jelas. Landasan berfikir tersebut terdiri dari 4 komponen, yaitu manusia dalam hal ini adalah anak, sehat sakit, keperawatan dan lingkungan
·         Adapun peran perawat dalam perawatan anak yaitu:
1.    Pemberi perawatan
2.    Sebagai advokat keluarga
3.     Pencegahan penyakit
4.    Pendidikan
5.    Konseling
6.    Kolaborasi
7.    Pengambilan keputusan etik
8.     Peneliti
·         Dalam keperawatan anak, Terdapat prinsip atau dasar dalam yang dijadikan sebagai pedoman dalam memahami filosofi keperawatan anak. Prinsip dalam asuhan keperawatan anak adalah:
1.    Anak bukan miniatur orang dewasa tetapi sebagai individu yang unik, dimana tidak boleh memandang anak dari ukuran fisik saja melainkan anak sebagai individu yang unik yang mempunyai pola pertumbuhan dan perkembangan menuju proses kematangan.
2.     Anak adalah sebagai individu yang unik dan mempunyai kebutuhan yang sesuai dengan tahap perkembangan. Kebutuhan tersebut meliputi kebutuhan fisiologis (seperti nutrisi, dan cairan, aktivitas, eliminasi, istirahat, tidur dan lain-lain), kebutuhan psikologis, sosial dan spritual.
3.    Pelayanan keperawatan anak berorientasi pada upaya pencegahan dan peningkatan derjat kesehatan, bukan hanya mengobati anak yang sakit.
4.    Keperawatan anak merupakan disiplin ilmu kesehatan yang berfokus pada kesejahteraan anak sehingga perawat bertanggung jawab secara komprehensif dalam memberikan asuhan keperawatan anak. Anak dikatakan sejahtera jika anak tidak merasakan ganggguan psikologis, seperti rasa cemas, takut atau lainnya, dimana upaya ini tidak terlepas juga dari peran keluarga.
5.    Praktik keperawatan anak mencakup kontrak dengan anak dan keluarga untuk mencegah, mengkaji, mengintervensi dan meningkatkan kesejahteraan hidup, dengan menggunakan proses keperawatan yang sesuai dengan aspek moral (etik) dan aspek hukum (legal). Sebagai bagian dai keluarga anak harus dilibatkan dalam pelayanan keperawatan, dalam hal ini harus terjadi kesepakatan antara keluarga, anak dan tim kesehatan.
6.    Tujuan keperawatan anak dan remaja adalah untuk meningkatkan maturasi atau kematangan yang sehat bagi anak dan remaja sebagai makhluk biopsikososial dan spritual dalam kontek keluarga dan masyarakat
7.    Pada masa yang akan datang kecendrungan perawatan anak berfokus pada ilmu tumbuh kembang, sebab ilmu tumbuh kembang ini akan mempelajari aspek kehidupan anak.
·         Lingkup praktek keperawatan anak
Dalam memberikan askep pada anak harus berdasarkan kebutuhan dasar anak yaitu: kebutuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan seperti asuh, asih dan asah
a.    Kebutuhan asuh
Kebutuhan dasar ini merupakan kebutuhan fisik yang harus dipenuhi dalam pertumbuhan dan perkembangan. Kebutuhan ini dapat meliputi kebutuhan akan nutrisi atau gizi, kebutuhan pemberian tindakan keperawatan dalam meningkatkan dan mencegah terhadap penyakit, kebutuhan perawatan dan pengobatan apabila anak sakit, kebutuhan akan tempat atau perlindungan yang layak dan lain-lain.

b.    Kebutuhan asih
Kebutuhan ini berdasarkan adanya pemberian kasih sayang pada anak atau memperbaiki psikologi anak.
c.    Kebutuhan asah
kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi pada anak, untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan secara optimal dan sesuai dengan usia tumbuh kembang.
·         Filosofi keperawatan anak  merupakan keyakinan atau pandangan yang dimiliki perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan pada anak yang berfokus pada keluarga, pencegahan terhadap trauma dan manajemen kasus. Adapun tujuan dari filosofi ini yaitu:
ü  Pencapaian derajat kesehatan yang tinggi bagi anak sebagai satu bagian dari sistem pelayanan kesehatan di keluarga.
ü  Meningkatkan kepuasaan anak dan keluarga
ü  Mengurangi fragmentasi pemberian asuhan
·         Pengaruh budaya, agama, dan kepercayaan terhadap kesehatan  anak
Keyakinan keluarga tentang kesehatan, pola didik dan pola asuh terhadap anak juga dipengaruhi oleh nilai budaya, agama dan moral yang dianutnya. Ini akan mempengaruhi kesehatan anak bahkan dimulai sejak ia masih di dalam kandungan ibunya. Setiap keluarga memiliki pandangan yang berbeda dalam membesarkan anaknya, seperti yang memiliki perbedaan budaya antara keluarga dengan budaya minang dan keluarga berbudaya batak. Hal-hal yang ditanamkan terhadap anak-anak mereka berbeda sehingga pola hidup dan kesehatan anaknya juga berbeda misalnya dalam kesehatan emosional.



 


Tugas Individu
Oleh : Fatma Wati Jama, S.Kep
LAPORAN TUTORIAL SKENARIO I
OLEH
Nama                      : Ismi
Stambuk                 : 1422100220
Kelas/kelompok     : D/D1

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
MAKASSAR
2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar