Selasa, 01 Oktober 2013

Satuan Acara Pembelajaran (SAP) Penyuluhan Kesehatan Rokok



Satuan Acara Pembelajaran (SAP)
Penyuluhan Kesehatan
Rokok
 

      I.        Bidang studi             : Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan
Topik                          : Rokok
Sub topic                   : Bahaya Merokokok Bagi Kesehatan
Sasaran                     : Siswa SMK Negeri 3 Banda
Hari/tanggal              : Senin/3 Desember 2012
Jam                             : 09.30 WIT
Waktu                         : 25 menit
    II.        Tujuan Umum
Setelah mengikuti kegiatan selama 25 menit, Siswa SMK Negeri Banda dapat memahami tentang bahaya merokok bagi kesehatan
   III.        Tujuan Khusus
Setelah mengikuti kegiatan selama 25 menit, diharapkan siswa SMK Negeri 1 Banda dapat :
1.    Menjelaskan pengertian rokok
2.    Menyebutkan kandungan kimia dalam rokok
3.    Mengemukakan bahaya rokok
4.    Menyebutkan penyakit akibat rokok
5.    Menyebutkan cara menghindari dan menghentikan kebiasaan merokok

  IV.        Materi                         : Terlampir
   V.        Metode                       : Ceramah dan Tanya jawab
  VI.        Media                         : Leaflet
 VII.        Evaluasi                    :
·         Siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan
·         Siswa sangat berantusias dalam menjawab pertanyaan
VIII.        Kepustakaan
Jaya. 2009. Pembunuh Berbahaya itu Bernama Rokok. Yogyakarta : Riz’ma
Sukendro. 2007. Sehat Tanpa Berhento Merokok. Yogyakarta : Pinus  Book Publisher
















Lampiran materi

1.    Pengertian Rokok
Rokok adalah lintingan atau gulungan tembakau yang digulung / dubungkus dengan kertas, daun, atau kulit jagung, sebesar  kelingking dengan panjang 8-10 cm, biasanya dihisap seseorang setelah dibakar ujungnya. Rokok juga termasuk zat adiktif karena dapat menyebabkan adiksi (ketagihan) dan dependensi (ketergantungan) bagi orang yang menghisapnya. Dengan kata lain, rokok termasuk golongan NAPZA (Narkotika,Psikotropika, Alkohol, dan Zat Adiktif).

2.    Kandungan Rokok
Setiap batang rokok mengandung lebih dari 4000 jenis bahan kimia berbahaya bagi tubuh. 400 diantaranya bisa berefek racun, sedangkan 40 diantaranya bisa mengakibatkan kanker. Berikut beberapa bahan kimia tersebut, diantaranya yaitu:
1.    Nikotin
Adalah cairan berminyak yang tidak berwarna dan dapat membuat rasa perih yang sangat. Nikotin ini menghalangi kontraksi rasa lapar, itu sebabnya seseorang bisa merasakan tidak lapar karena merokok
2.     Karbon monoksida (CO)
Adalah sejenis gas yang tidak berbau. Unsure ini dihasilkan oleh pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat arang atau karbon. Zat ini sangat beracun, racun carbon monoksida akan membuat seseorang gampang cape dan gerogi
3.    Tar
Bahasa indonesianya disebut ter. Zat ni sejenis cairan kental berwarna coklat tua atau hitam yang diperoleh dengan cara distilasi dari kayu atau arang.ter terdapat dalam rokok yang terdir dari ratusan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanke paru-paru.

4.     DDT (Dikloro Difenil Trikloroetana)
DDT merupakan racun serangga yang biasanya digunakan untuk membunuh nyamuk, semut atau kecoa.
5.    Aseton
Aseton adalah zat yang digunakan untuk melunturkan cat. Bisa dibayangkan bahayanya apabila zat ini berada di dalam tubuh kita.
6.     Formaldehid
Adalah sejenis gas yang tidak berwarna dengan bau yang tajam. Gas ini adalah tergolong pengawet dan pembasmi hama. Formaldehyde ini sangat beracun keras terhadap semua organism hidup.
7.    Kadmium
Kadmium adalah bahan kimia yang biasanya terdapat pada acccu atau aki kendaraan bermotor
8.    Arsenik
Seperti DDT, arsenik merupakan bahan kimia yang sering digunakan untuk membasmi serangga-serangga pengganggu. Biasanya kutu atau serangga sekelasnya akan mampan bila diberantas dengan arsenik ini.
9.    Ammonia
Adalah merupakan gas yang tidak berwarna yang terdiri dari nitrogen dan hydrogen. Zat ini sangat tajam baunya dan sangat merangsang.begitu kerasnya racun yang terdapat pada amoniaitu, sehingga kalau disuntikkan sedikitpun ke dalam peredaran darah akan mengakibatkan seseorang pingsan atau koma.
10. Polonium-210
Bahan ini merupakan salah satu zat radio aktif, yaitu zat yang mampu mengeluarkan radiasi aktif, yang bisa menyebabkan perubahan struktur dan fungsi sel normal. Bahan-bahan radio aktif juga bisa menyebabkan kanker.



11. Hidrogen sianida
Adalah sejenis gas yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak mempunyai rasa.zat ini sangat efisien untuk menghalangi pernapasan. Cianida adalah salah satu zat yang mengandung racun yang sangat berbahaya. Sedkit saja cianida dimasukkan langsung ke dalam tubuh dapat mengakibatkan kematian.
12. Vinil klorida
Zat ini biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan plastik.
13. Naftalena
Seperti DDT dan arsenik, bahan ini terdapat pada obat-obat pembasmi serangga.
14. Methanol
Adalah sejenis cairan ringan yang gampang menguap dan mudah terbakar. Meminum atau mengisap methanol dapat mengakibatkan kebutaan, bahkan kematian.

3.    Bahaya Rokok
Kerugian yang di timbulkan oleh rokok sangat banyak bagi kesehatan. Berikut beberapa bahaya rokok yang perlu diketahui yaitu:
a.    Efek racunnya terhadap perokok dibandingkan yang tidak merokok
·         14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
·         4x menderita kanker esophagus
·         2x kanker kandung kemih
·         2x serangan jantung
b.    Asap rokok yang baru mati  di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara, dan 50 kali lipat mengandung bahan pengiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya dari pada polusi dijalan raya  yang macet.

c.    Sesorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.
d.    Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tregolong miskin, sehingga dana kesejahtraan dan kesehatan keluarganya sering diahlikan untuk membeli rokok.
e.    Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar dapat merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok ditempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup oleh orang lain, sehingga orang lain akan terkena kanker.

4.   Penyakit akibat Rokok
      Penyakit yang disebabkan oleh rokok tidak terbatas pada yang disebutkan di dalam bungkus rokok saja. Berbagai penyakit berdasarkan organ tubuh yang terkena, adalah sebagai berikut:
a.    Penyakit pada organ sitem pernapasan
·         Kanker paru-paru
·         Kanker tenggorokan
·         Asma dan berbagai bentuk alergi
·          Radang rongga tenggorokan akut
·         Terhambatnya perkembangan pau-paru
·         Radang pita suara
b.    Penyakit pada organ sistem pencernaan
·         Radang mulut, bibir, lidah, gigi, gusi, dan pecahnya email gigi
·         Kanker mulut, gigi, gusi, dan rahang
·         Kanker pankreas
·         Radang dan luka pada lambung dan usus

c.    Penyakit pada organ sistem sirkulasi dan hati
·         Arterosklerosis / penyempitan pembuluh darah
·         Pembekuan pada darah otak
·         Radang pada hati
d.    Penyakit pada organ sistem perkemihan
·         Kanker vesica urinarius (kandung kemih)
·         Kanker ginjal
e.    Penyakit pada organ sistem genetalia
·         Produksi sperma tidak berkualitas, produksi sperma yang berkualitas dapat ditinjau dari beberapa aspek, yaitu kekentalan cement, serta jumlah sperma yang dihasilkan.
·         Pada perokok, terutama perokok berat, produksi sperma bisa sedikit, dan dengan cementyang cair. Apabila hal ini terjadi secara terus-menerus, maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan kemandulan.
f.     Penyakit pada kelompok khusus, seperti ibu hamil dan menyusui
·         Kanker leher rahim
·         Abortus (keguguran) spontan
·         BBLR (Berat Badan Bayi Lahir Rendah)
·         Apabila lahir, perkembangan fisik dan mental bayi akan terganggu, seperti terjadi retardasi mental dan gangguan pertumbuhan

5.  Cara menghindari dan menghentikan kebiasaan merokok
            Agar terhindar dari kebiasaan merokok, maka sepatutnya kita menanamkan keyakinan yang kuat bahwa kebiasaan merokok tidak akan pernah menguntungkan diri sendiri dan orang lain. Kita harus terbiasa untuk bersikap asertif, untuk tetap mengatakan tidak pada rokok. Apabila telah mampu kita terapkan, maka teman sebaya atau kelompok kita bias di jadikan kader pendidik sebaya.
            Bagi para perokok, khususnya remaja, untuk berhenti dari kebiasaan merokok bukanlah suatu hal yang mustahil. Apabila remaja meninggalkan kebiasaan merokok hari ini, maka badan akan terbebas dari nikotin dalam masa 8 jam. Setelah satu minggu efek dari kebiasaan merokok tersebut akan hilang. Menghentikan kebiasaan merokok dapat dilkakukan dengan cara berikut :
1.    Berhenti secara mendadak
Tidak ada suatu cara terbaik bagi perokok untuk berhenti merokok, karena pengaruhnya terhadap setiap perokok adalah berbeda. Namun, hanya ada satu hal yang sama diantara mantan perokok yang berhasil, yaitu mereka semua berkeinginan untuk berhenti merokok. Sebagian besar perokok memilih cara ini untuk menghentikan kebiasaannya.
2.    Cara menunda secara perlahan
Cara ini mengajak anda menunda untuk menyalakan batang rokok dalam beberapa menit, sampai anda bias bertahan sepenuhnya setiap kali anda ingin merokok.
3.    Cara mengurangi
Cara ini dilakukan dengan mengurangi jumlah batang rokok yang anda hisap setiap merokok, mulai dari satu batang, dua batang atau bahkan mengurangi sepenuhnya
4.    Tidak mengikuti kebiasaan perokok
Pada umumnya, merokok identik dengan minum kopi atau minuman keras. Dengan mengurangi atau sama sekali tidak mengkonsumsi kopi atau minuman alcohol secara berlebihan, maka keinginan untuk merokok bisa dikurangi.
5.    Terapi penggantian nikotin
Terapi ini memanfaatkan koyo atau tempelan nikotin yanh bisa menembus kulit kedalam tubuh dan bisa mengurangi efek ketagihan akibat merokok.



6.    Penghilang aktivasi
Bagi perokok yang ingin berhenti, alternative bisa ditempuh setiap anda ingin merokok, missalnya melakukan aktivitas-aktivitas yang disenangi.
7.    Menanamkan sikap asertif pada diri serta  pemahaman akan dampak negative rokok terhadapkesehatan
Dengan pemahaman yang cukup tentang berbagai dampak negative merokok bagi kesehatan, agar semakin menambah keyakinan serta motivasi diri untuktetap berusaha menghentikan kebiasaan merokok.
8.    Konsumsi makanan dengan menu seimbang
Menu seimbang adalah seperangkap makanan yang mengandung seluruh zat makanan yang diperlukan tubuh. zat-zat tersebut  mengandung antioksidan yang dapat mengurangi efek negative bahan kimia pada rokok.
9.    Membentuk kelompok sebaya
Kelompok ini bisa dibentuk berdasarkan kesamaan prinsip para remaja, yaitu terdiri dari sekelompok remaja yang sama-sama menginginkan berhenti merokok. Kelompok ini juga bisa menampung segala permasalahan yang dialami remaja, khususnya yang berkaitan dengan upaya menghentikan kebiasaan merokok.
10. Senantiasa berdoa
Upaya sekeras apapun tidak akan pernah membuahkan hasil, apabila tidak didikuti sengan doa. Selain bisa menambah keyakinan diri, doa bisa memberikan semacam kekuatan pelindung, terutama bagi remaja perokok untuk tetap melanjutkan upaya berhenti merokok, dan tidak akan pernah merokok lagi






TUGAS INDIVIDU
OLEH : Musakkir, S.pd, S.sit, M.kes

PENDIDIKAN KESEHATAN DALAM KEPERAWATAN


 








  
Disusun Oleh
  Nama           :          Ismi
  Stambuk       :          1422100220
  Kelas             :          D

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
PRODRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
MAKASSAR
2012
KATA  PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang mana atas kesehatan dan kesempatan-Nya sehingga tugas yang menjadi salah satu penilaian dalam  mata kuliah Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan  ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Saya menyadari sepenuhnya bahwa tugas ini masih jauh dari kesempurnaannya, sehingga kritik dan saran yang  membangun sangat saya harapkan guna untuk perbaikan tugas-tugas selanjutnya. Terima kasih saya  sampaikan kepada dosen pembimbing  serta rekan-rekan  kerja sakalian atas partisipasi dan dukungannya.
            Demikian yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Makassar, 4 Desember   2012

  
    Penyusun      





Tidak ada komentar:

Posting Komentar